Mutiara Hari Ini

Akan tetapi orang-orang yang bertakwa kepada Tuhan-nya bagi mereka surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya, sedang mereka kekal di dalamnya sebagai tempat tinggal (anugerah) dari sisi Allah. Dan apa yang di sisi Allah adalah lebih baik bagi orang-orang yang berbakti. (3:198)

Jumat, 30 Desember 2011

First Impression in Puskesmas KOPO


Ini adalah pertama kalinya saya ke Puskesmas Kopo. Puskesmas ini ditempuh dalam waktu sekitar 30-45 menit dari Rumah Sakit Hasan Sadikin atau lebih tepatnya dari kosan saya.  Waktu yang cukup lama memang jika dibandingkan dengan teman-teman lain yang ditugaskan di Puskesmas yang dekat dari RSHS. Tapi, tidak apa-apalah, sekalian jalan-jalan ke daerah Kopo.

Puskesmas yang bernuansa hijau ini mempunyai 3 lantai dan lapangan parkir yang cukup. Disetiap lantai diberikan petunjuk atau denah lokasi apa saja yang terdapat di lantai tersebut. Pertama kali kita disambut oleh petugas-petugas yang ramah dan dengan senang hati membantu apa yang menjadi kesulitan kami. Setelah mendengar penjelasan dari dokter Intan, kepala Puskesmas Kopo, wah cukup banyak juga ya tugas kita selama di sini. Huff. Dan jujur, sampai sekarang saya masih bingung dengan puskesmas dan IKM, baik itu tugasnya, istilah-istilah yang digunakan, apa yang harus dikerjakan. Tapi, ya dijalani saja. Saya tau pasti ini tidak akan sia-sia. Saya berharap mudah-mudahan saya bisa mengikuti bagian ini dengan baik. 


Saya pikir yang menjadikan Puskesmas Kopo cukup berbeda dari Puskesmas lainnya adalah kelengkapan informasinya. Di lantai dua ada peta wilayah Puskesmas Kopo, visi, misi, informasi terbaru mengenai puskesmas. Dan yang membuat saya berdecak kagum adalah puskesmas Kopo ini merupakan puskesmas teladan dan percontohan bagi puskesmas di Jawa Barat karena baru-baru ini Puskesmas Kopo mendapat penghargaan sebagai Puskesmas No.1 di Jawa Barat. Wah, hebat ya. Saya jadi ingin lebih tau lebih banyak mengenai puskesmas ini. Kalau dilihat, di setiap ruangannya selalu ada laporan bulanan, informasi yang paling terbaru dan terupdate, dengan penampilan yang menarik. Selain itu, poster-poster kesehatan, dan informasi-informasi untuk pelayanan  kesehatan juga tersebar dimana-mana. Yang lebih menarik lagi adalah, puskesmas ini menyediakan buku-buku bacaan untuk dibaca oleh pasien yang sedang menunggu gilirannya. Mungkin masih banyak lagi yang menjadi keberhasilan yang dicapai oleh puskesmas ini. Saya berharap bisa belajar banyak selama di puskesmas ini.

 Penghargaan Puskesmas Kopo

 Visi Puskesmas Kopo

 Misi Puskesmas Kopo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar