Mutiara Hari Ini

Akan tetapi orang-orang yang bertakwa kepada Tuhan-nya bagi mereka surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya, sedang mereka kekal di dalamnya sebagai tempat tinggal (anugerah) dari sisi Allah. Dan apa yang di sisi Allah adalah lebih baik bagi orang-orang yang berbakti. (3:198)

Jumat, 04 Februari 2011

Kenapa Saat Ko As Harus Memasak?



Kenapa ya kenapa saat Ko As aku bela-belain ngeluangin waktu buat masak? Padahal BST, CRS, CSS menanti setiap saat. Belum lagi, tugas jaga kaya papan catur. Ujian pun rasanya semakin sering. Apalagi di bagian kecil, belum benar-benar memahami penyakit-penyakit terbanyak di bagian tersebut.. Eh, ga taunya besok udah mulai ujian. Yayaya, begitulah kehidupan ko as. Harus dijalani sekaligus dinikmati.

Namun, kenapa aku bener-bener harus masak? Jawaban yang pas nan murah meriahnya adalah karena tingginya biaya hidup di Bandung. Hehe. Mungkin bukan aku sendiri yang ngerasain, temen-temen yang lain pasti juga ngerasain hal yang sama. Namanya juga kota besar, bukan  Jatinangor gitu loohh. =P. Biaya kosan di Bandung contohnya, kalo dibandingin sama yang di Jatingor kayanya 2x lipat. Itupun tergantung kosannya. Ada yang 1 bulan 1 juta, bahkan 2 juta. He, bisa-bisa aku ga kuliah gara-gara ga bisa bayar kosan.
Mmm, kalo dibandingin lagi ternyata harga 1 kamar aku sama dengan harga kontrakan rumah aku di Painan (salah satu kota kecil di sumatera Barat). Haha, papaku hanya tertawa mendengarnya. Itu baru biaya kosan, belum lagi biaya makan, nge-laundry pakaian dan alat-alat kedokteran untuk keperluan ko as seperti masker, sarung tangan, spatle tongue, termometer, jam tangan yang ada detiknya, trus beli spigmo baru karena yang dulu udah rusak. Jadilah awal-awal tinggal di Bandung aku boke T.T. 

Lama-kelamaan aku mengikuti jejak kebanyakan teman-temanku di kosan. Bu Rini, Busur, Ghea, Mila dan yang lain memilih memasak dibanding beli makan di luar. Walaupun pada akhirnya aku menemukan warung di Cibarengkok yang cocok dengan isi kantongku, tetap kegiatan masak-memasak tidak tergantikan. Alhasil, tiap minggu aku pergi ke pasar. Pasar Sederhana cukup dekat. Lima belas menit jalan kaki, InsyaAllah udah sampai. Ya, itung-itung olahraga pagi. Lalu yang mau dibeli di pasar harus dicatat terlebih dahulu, biar saat di pasar ga kebingungan lagi.  

Dua minggu kemaren aku sempat heboh beli bahan makanannya. Ikan tongkol, ayam, udang, cumi, tempe, tahu, sayur kangkung, sayur bayam, wortel, waluh, buncis, bawang merah, bawang putih, daun bawang, seledri, sawi capcay, ketumbar, laos, merica, tomat, cabai, dan bumbu-bumbu penyedap rasa. Heboh ga siiih. Haha, namanya juga niat masak sekalian belajar jadi ibu rumah tangga. Kan malu, udah gede gini ga bisa masak. Apalagi aku kan orang Padang, yang notabenenya bisa masak. Rata-rata cewe Padang bisa masak sejak mereka SMP. Aku?? Baru memulai itu sekarang.. Parah >_<’’. O ya, pada tau ga. Makanan yang aku beli di atas, harga semuanya hanya Rp 50.000,-. Bayangkan, hanya dengan modal Rp 50.000,- aku bisa hidup selama 1 minggu. Hahahahaha senangnya =D. Murah ga siich. Satu kali makan siang, bisa aja 15 rb. Itu baru 1 kali makan. Gimana Kalau selama 1 minggu aku makan di luar terus?? Wah,wah. Itung-itung sendirilah.

Lalu, gimana aku masak? sebenarnya, aku ga pintar-pintar amat masak. Yah, untuk pemula aku ga terlalu menuntut diri terlalu banyak. Asalkan makanan bisa dimakan, ga gosong, ga keasian, itu sudah cukup kok. Kebanyakan goreng-goreng, numis-numis, rebus-rebus. Hehe =P. Kalo pengen yang agak aneh-aneh, telpon mama trus nanyain cara bikinnya atau nanya ke yang ahli masak di kosan. Simpel kan ^^. Alhamdulillah, sampai sekarang makanannya bisa dimakan bahkan cumi olahan aku dibilang enak. =P. Biar lebih irit lagi, aku selalu bawa bekal buat makan siang. Dengan begini, cukup ampuh lho mengatasi tingginya biaya hidup di Bandung.

Sekarang aku lagi di Kampuang Nan Jauah di Mato, Painan. Aku benar-benar memanfaatkan liburan spasing yang hanya 1 minggu ini untuk belajar memasak kepada ahlinya.. Mamakuu.. Aku belajar bikin gule ikan, gule udang pake pakis, gule cumi pake tahu, rendang ikan, goreng ayam bumbu. Wah, wah. Aku jadi semangat pengen bisa lebih dan lebih lagi. Bisa-bisa ntar praktek  Hanna Gustin, dr,. SpOG/SpM/SpTHT-KL/SpKFR, sebelahnya ada Restoran Makanan Padang punya dokter Hanna. Hahaha. Who knows? ^_^

Keterangan :
BST : Bed Site Teaching
CRS : Case Report Session
CSS : Clinical Science Session
SpOG : Spesialis Obstetric Gynecology
SpM : Spesialis Mata
SpTHT-KL : Spesialis Telinga Hidung Tenggorok-Kepala Leher
SpKFR : Spesialis Kedokteran Fisik Rehabilitasi

1 komentar:

  1. aih aih... curhat calon ibu rumah tangga.. heuheuu.. kl ngomongin masak memasak jadi inget waktu aku masih ngekos. pk kompor sendiri. dg alat2 masak selemari. kulkas yg sebenernya jarang diisi.. ;p, kl dulu, yg aku pikir, pas sekolah aja masak ga sempet, kl nanti jd istri/ ibu beneran apa kabar yaa.. huhu

    BalasHapus